Teknik Membaca Cepat Skimming dan Scanning

Teknik membaca cepat Skimming dan Scanning memiliki banyak manfaat, baik itu menghemat waktu, efektifitas, dan meningkatkan kecerdasan otak. Banyak yang kurang memahami seperti apa teknik membaca Skimming maupun Scanning. Berikut ini akan dibahas mengenai kedua teknik tersebut serta penerapannya.

teknik membaca cepat

Teknik membaca cepat Skimming

Teknik membaca jenis Skimming adalah teknik membaca dengan tujuan menemukan isi umum dari bacaan dengan cepat  (Farida Rahim, 2005). Teknik membaca jenis ini membutuhkan keahlian dalam memahami sudut pandang si penulis buku dalam memahami sesuatu. Inti dari membaca dengan teknik skimming yaitu membaca sekilas dengan cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari bacaan tersebut.

Membaca skimming dilakukan dengan cara membaca melompat-lompat hanya pada ide pokok pikiran bacaan serta memahami temanya.Selanjutnya dalam mebacar ide ide pokok tersebut pembaca berusaha menemukan apa yang dicarinya. Kemudian mementukan penilaian, apakah buku tersebut memenuhi kebutuhan pembaca atau tidak. Membaca teknik ini memiki kecepatan 3-4 kali lipat lebih cepat dari teknik membaca biasa.

Langkah-langkah:
  • Bisa dimulai dengan membaca judul, kemudian sub judul, dan subheading guna menentukan inti yang akan dibahas.
  • Membaca awal dan akhir setiap paragraf dengan cepat. 
  • Menggali informasi dari media ilustrasi dari gambar atau foto mengenai topik tersebut
  • Tidak membaca perkata, gunakan mata untuk menganalisis kata-kata tertentu yang berhubungan dengan topik.
  • Menyimpulkan makna dan pemahaman dari teks tersebut.
Teknik membaca cepat  Scanning

Membaca Scanning juga bisa dipahami sebagai teknik membaca tatap (scan) sangat cepat. Membaca cepat dengan teknik ini akan melewatkan banyak kata, seperti pendapat Mikulecky & Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), membaca dengan teknik menatap atau memindai ini ternyata sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan membaca seseorang.

Membaca dengan teknik ini lebih berfokus pada penemuan informasi spesifik secara cepat dan akurat. Dalam penerapannya, mata memiliki peranan penting, cara dengan mengerakan mata secara cepat (scan) pada setiap halam bacaan untuk menemukan kata dan frasa tertentu. Ketika menjumpai kata atau frase yang dicari gerakan mata dihentikan. Intinya adalah mata bergerak cepat, berpindah-pindah tanpa melihat kata demi kata.

Langkah-langkah:
  • Menggerakkan mata pada halaman dengan gerakan cepat, namun bukan kata per kata, melainkan keseluruhan.
  • Saat menemukan informasi yang dicari, kecepatan mata di turunkan.
  • Pembaca harus memiliki kejelian dan pemahaman terhadap karakteristik bacaan yang dibaca.
Demikan dua teknik membaca cepat yang banyak digunakan dan memiliki banyak manfaat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak maupun efisiensi waktu. 

0 komentar:

Posting Komentar