Berbagai Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Anda

Manfaat kopi untuk kesehatan yang perlu sahabat ketahui. Kopi merupakan salah satu jenis minuman paling populer di dunia yang berasal dari ekstraksi biji tanaman kopi dan diproses melalui pengolahan. Selain mengandung kafein, ternyata kopi juga mempunyai kandungan senyawa antioksidan dengan jumlah cukup banyak, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas. Tidak hanya itu saja, kopi juga mempunyai manfaat untuk menurunkan resiko terkena diabetes militus, mencegah penyakit jantung dan sebagainya.


Bagi sahabat yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai manfaat kopi, silahkan ikuti terus artikel berikut ini yang akan membahas mengenai manfaat kopi bagi kesehatan tubuh berikut ini :

Manfaat Kopi


1. Mencegah Batu Ginjal
Peneliti di Harvard menemukan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi resiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya sama dengan peneliti Harvard.

2. Menurunkan Resiko Diabetes
 Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki resiko rendah terkena diabetes tipe 2. Karena bagi orang yang mengkonsumsi emapat cangkir kopi sehari, memiliki resiko terkena diabtes tipe 2 50 persen lebih rendah daripada orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal tersebut telah melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang telah diterbitkan pada awal bulan Januati 2012 lalu.

3. Meningkatkan Metabolisme
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi wanita. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk menjaga atau menuunkan berat badan yang berlebih.

4. Meningkatkan Kinerja
Sebuah penelitian pada tahun 2008 menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kafein sebelum melakukan olahraga dapat meningkatkan aktivitas dan lawanya waktu berolahraga. Sehingga kafein yang terkandung di dalam kopi diketahui dapat meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat sedang beraktifitas.

5. Mempertajam Ingatan
Dalam sebuah penelitian pada tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapat membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek dengan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, hal tersebut hanya dapat berlaku bagi wanita saja, tidak berlaku bagi pria.

6. Mencegah Depresi
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, 15 persen lebih rendah memiliki resiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20 persen lebih rendah terkena depresi.

7. Mengurangi Rasa Sakit Kepala
Menurut Seimur Damond, M,D dari Chicago 's Diamond Hadche Clinic, bahwa kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi penderita sakit kepala. Hal tersebut membuktikan bahwa penderita sakit kepala atau migrain ringan telah terbukti dapat disembuhkan dengan meminum kopi pekat. 

8. Mencegah Resiko Kanker Mulut Dan Melindungi Gigi
Senyawa yang terdapat di dalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat yang sangat baik untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada gusi.

Itulah 8 manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat dan dapat mengatasi masalah kesehatan yang sedang dihadapi. Terima kasih dan sampai bertemu lagi dalam artikel selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar