Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan beberapa langkah mudah dan alami. Jerawat memang seringkali membuat kita merasa tidak nyaman dan terganggu. Rasa ingin memencet jerawat kadang kala sulit di tahan, padahal hal tersebut bisa berdampak buruk bagi wajah. Maka jangan sekali-kali pencet jerawat sobat karena hal tersebut dapat meninggalkan bekas luka yang susah dihilangkan.

cara menghilangkan jerawat, cara menghilangkan bekas jerawat

Munculnya jerawat kadang kala disebabkan oleh beberapa faktor baik itu eksternal maupun internal. Faktor internal disebabkan dari dalam tubuh, misalnya darah kotor, alergi, makan-makanan berlemak dan lain-lain.Sedangkan faktor eksternal merupakan penyebab jerawat dari luar tubuh, misalnya kurang terjaganya kebersihan kulit wajah.

Menurut sebuah penelitian terungkap bahwa dehidrasi termasuk penyebab jerawat. Seperti diketahui, unsur dalam tebuh sebagian besar adalah air, ketika kekurangan cairan kulit kita menjadi kasar dan membuat sel kulit mengering. Sel yang mengering jika tidak diatasi dengan baik maka akan menyebabkan penumpukan sel kulit ari yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Agar bisa mengatasi jerawat langkah penting pertama adalah mengetahui penyebabnya. Kira-kira apa penyebab jerawat anda? jika sudah mengetahui penyebabnya maka langkah-langkah penanggulangan yang tepat bisa segera dilakukan.

Cara menghilangkan jerawat


Menurut salah satu dokter kulit yaitu Dr Gloria mengungkapkan bahwa jerawat itu bisa sembuh dengan sendirinya asalkan jangan di sentuh-sentuh apalagi di pencet-pencet. Memencet jerawat bida berdampak buruk bagi kulit apalagi ketika tangan yang memencet tidak higienis dan mengandung kuman, tentunya jerawat akan semakin buruk. Berikut ini beberapa  beberapa langkah cara menghilangkan jerawat menurut beliau.
  1.  Membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih khusus yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Hindari melakukan facial ketika wajah sedang berjerawat.
  3. Minum banyak air putih agar kulit lebih fresh.
  4. Istirahat secukupnya minimal 7-8 jam per hari.
  5. Usahakan agar tidak berlebihan dalam menggunakan kosmetik. Jika terpaksa harus menggunakan kosmetik seharian, maka beri jenjang kulit bernafas, bersihkan kosmetik 1 - 2 kali dalam 1 hari tersebut agar pori-pori kulit sedikit terbebas dari kosmetik.
  6. Usahakan berada di ruangan yang tidak terlalu panas maupun lembab.yang bisa memicu kelenjar keringan lebih aktif. 
  7. Hindari rokok.
  8. Usahakan agar tidak terlalu setres.
  9. Hindari atau kurangin makanan berlemak.
  10. Penuhi vitamin tubuh dengan memberi banyak asupan vitamin A dan zinc. Vitamin A misalnya pada hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, dan melon. Sumber asupan Zinc bisa dijumpai pada tiram, hati sapi, daging merah, dan jamur. 
baca: panduan make up minimalis
    Setelah masalah jerawat berhasil di atasi permasalahan selanjutnya adalah menghilangkan bekas jerawat.

    Cara menghilangkan bekas jerawat


    1. Menggunakan Buah Tomat.
    Tomat kaya akan kandungan vitamin A yang mampu menstimulus produksi kolagen pada kulit. Zat kolagen sendiri merupakan zat penting dalam tubuh yang berperan dalam pembentukan kulit. Caranya cukup mudah, potong tomat tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah diamkan selama 10-15 menit. 

    2. Dengan Putih Telur dan Madu.
    Kedua bahan ini sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit. Sehingga akan membuat kulit melakukan regenerasi pembaruan sel. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat campuran putih telur dan madu, kemudian oleskan pada bekas jerawat secara teratur. 
      
    3. Menggunakan Buah Pepaya.
    Papain adalah zat yang terkandung di dalam pepaya, itu adalah enzim yang mampu mengatasi peradangan pada kulit. Cara memanfaatkanya bisa dengan mengkonsumsinya maupun menjadikanya sebagai masker. Masker pepaya tersebut akan sangat bermanfaat untuk membuka pori-pori yang tersumbat, menghilangkan minyak, dan membersihkan sel-sel kulit mati. Caranya  penggunaanya yaitu dengan mengoleskan pepaya yang sudah dihaluskan ke wajah kemudian diamkan selama15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

    1 komentar:

    1. thanks informasinya min,
      begitu banyak manfaat madu
      , salah satunya untuk kesehatan tubuh kita dan stamina tubuh kita.
      jaga selalu tubuh kita
      sukses buat kita semua

      BalasHapus